Contoh BAB I dalam membuat Sistem Informasi Manajemen Reservasi Hotel Berbasis Web dengan PHP dan MySQL


1. Latar Belakang

Saat ini perkembangan dalam dunia perekonomian sangatlah pesat. Karena hal tersebut banyak perusahaan hotel melakukan berbagai macam cara untuk meningkatkan omzet, jumlah pengunjung dan penjualan service mereka. Beberapa hotel bergerak selangkah lebih maju dengan melakukan promosi melalui media-media yang lebih dikenal dengan istilah iklan. Namun sayangnya tidak semua perusahaan hotel mampu melakukan hal tersebut, hal ini dikarenakan biaya yang harus dikeluarkan sangat mahal. Selain itu, dengan menggunakan iklan, sangat sulit untuk menjalin komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan-pelanggannya.

Internet, merupakan sarana informasi yang sangat berkembang saat ini. Berbagai macam hal dapat dilakukan dengan menggunakan internet, seperti pencarian informasi, forum diskusi, sarana pendidikan, transaksi penjualan, dan sebagainya. Transaksi melalui internet merupakan salah satu manfaat yang penting dalam penggunaan internet, dimana seorang pembeli bisa melakukan transaksi tanpa harus pergi ke suatu tempat tujuan untuk melihat barang-barang yang akan dibeli atau dipinjam, namun pembeli tersebut cukup memesan pada website yang bersangkutan, melakukan pembayaran dan barang akan dikirimkan ke alamat pembeli.

Jasa penginapan merupakan salah satu jasa yang sering dipakai oleh banyak orang, bahkan hampir semua pegawai ataupun pejabat menggunakan layanan jasa ini ketiga melakukan tugas dari kantor ataupun perusahaannya. Jasa Penginapan merupakan suatu hal yang sangat penting bagi seseorang ataupun sekelompok orang yang hendak istirahat dalam kegiatan berpergian dengan jarak yang sangat jauh ataupun dalam hal kegiatan liburan. Namun sayangnya, banyak orang yang memiliki waktu yang terbatas sehingga mereka cenderung tidak memiliki waktu untuk pergi ke hotel untuk membooking tempat istirahat mereka. Apalagi yang ingin membooking tempat yang berada di luar pulau, sangatlah tidak mungkin mereka membooking setelah berada di pulau tersebut karena waktu mereka sangatlah terbatas. Namun hal ini tidak akan menjadi masalah ketika suatu perusahaan jasa penginapan seperti hotel melakukan suatu promosi ataupun pemasaran melalui media internet. Pelanggan dapat melihat kondisi kamar hotel berikut fasilitas dan harganya tanpa harus dating kehotel tersebut. Anggaplah seorang pelanggan yang di pulau jawa hendak berlibur ke bali. Sehari sbelum memulai keberangkatannya, pelanggan tersebut dapat memesan sebuah kamar hotel melalui website hotel tersebut, dan kemudian pihak perusahaan hotel akan melakukan pembookingan kamar sesuai dengan kehendak pelanggan, sehingga pada saat pelanggan tersebut tiba di bali, pelanggan tidak perlu lagi repot untuk mencari tempat tinggal dan bisa langsung menuju hotel tersebut. Namun masalah masih belum selesai sampai tahap berikut. Masalah lain yang harus dihadapi oleh perusahaan hotel adalah banyaknya pelanggan yang merasa bingung ketika hendak membooking sebuah kamar di hotel tersebut. Kamar yang jenis apa yang ingin disewa ? terkadang pemberian review sebuah kamar masih belum cukup membuat calon pelanggan yakin untuk menyewa kamar tersebut. Untuk membatu meyakinkan calon pelanggan maka bisa digunakan factor orang ketiga, dimana orang ketiga tersebut adalah orang-orang yang pernah menyewa kamar yang sama dengan kamar yang ingin disewa oleh calon pelanggan. Dengan banyaknya kesamaan kamar yang pernah disewa oleh orang ketiga dan calon pelanggan tadi maka dapat dilihat adanya kemungkinan orang ketiga memiliki kesamaan selera dengan calon pelanggan tadi. Dari adanya kemungkinan kesamaan selera tersebut dapat dicari kamar-kamar yang akan dijadikan bahan rekomendasi untuk disewa.

Untuk itulah, maka dibuat suau website yang dapat menanggulangi masalah tersebut. Website ini akan memberikan kemudahan kepada pelanggan, dimana pelanggan dapat membooking dan menyewa sebuah kamar hotel tanpa harus ke tempat hotel itu berada. Selain itu juga aka nada fasilitas komentar dimana terdapat beberapa komentar dr para penyewa terdahulunya sehingga menjadi bahan pertimbangan untuk menyewa kamar tersebut. Pada akhirnya tidak hanya penyewa yang diuntungkan, tetapi juga perusahaan hotel karena omzet penyewaan pasti akan bertambah.

2. Perumusan Masalah

Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana merancang dan membuat Sistem Informasi Manajemen Reservasi Hotel berbasis Web dengan menggunakan PHP dan MySQL sebagai databasenya, dengan Photoshop CS3 sebagai pendukungnya.

3. Tujuan Penelitian

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membuat Sistem Informasi Manajemen Reservasi Hotel berbasis Web yang bermanfaat untuk:

1.      Mempermudah pelanggan melihat informasi kamar hotel berikut jenis, fasilitas, dan harganya yang selalu up to date.

2.      Menghemat pelanggan dalam waktu dan jarak.

3.      Meningkatkan pendapatan perusahaan hotel dengan memberikan kemudahan pada pelanggan, dimana pelanggan tidak perlu dating langsung ke hotel. Cukup memesan melalui internet dan kertu kredit dan kemudian pihak manajemen hotel akan membooking kamar yang dipesan sesuai data pelanggan.

4.      Mempermudah penanganan dan pengolahan data.

4. Ruang Lingkup Penelitian

Di dalam perancangan sistem ini, penulis membatasi ruang lingkup permasalahan yang ada pada penelitian dengan maksud agar Sistem Informasi yang dihasilkan tidak terlalu meluas dan sesuai dengan yang diharapkan.

Adapun ruang lingkup penelitian yang dimaksud adalah sebagai berikut:

1)      Dimana untuk menyewa kamar hotel ini pelanggan harus menggunakan kartu kredit sebagai alat transaksinya.

2)      Pembookingan kamar bisa dilakukan setiap hari kecuali hari raya Nyepi

3)      Terdapat layanan shoping cart yang berfungsi layaknya untuk berbelanja. Kamar yang sudah masuk dalam shoping cart bisa dibatalkan atau dihapus jika terjadi kekeliruan. Dalam shoping cart, harga akan ditotal secara langsung, sehingga pelanggan dapat langsung mengetahui total uang yang harus dikeluarkan.

4)      Terdapat fasilitas komentar sehingga bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk memesan jenis kamar tersebut.

5)      Terdapat fasilitas laporan-laporan yang bisa diakses oleh administrator

Adapun laporan-laporan yang dapat dilihat adalah:

  • Laporan kamar

Pada laporan kamar, bisa melihat daftar kamar-kamar yang masih ada pada hotel tersebut, selain itu dapat dilihat juga status dari kamar tersebut (disewa atau tersedia). Laporan dapat disaring (filter) berdasarkan data yang tersedia dari suatu kamar.

  • Laporan pelanggan

Digunakan untuk melihat daftar pelanggan-pelanggan yang sudah terdaftar.

  • Laporan transaksi dan pendapatan

Digunakan untuk melihat secara detail mengenai transaksi penyewaan beserta pendapatan yang didapat perusahaan, seperti tanggal cek in, tanggal cek out, total denda, total pembayaran, pelanggan yang bersangkutan serta kamar yang disewa. Laporan transaksi dapat disaring berdasarkan tanggal cek in, tanggal cek out, pelanggan, dan kamar.

5. Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah :

Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara

A. Observasi (Observastion)

Observasi merupakan salah satu cara pengumpulan data dan informasi yang dilakukan dengan cara melakukan pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti untuk memperoleh gambaran mengenai sistem yang berjalan atau prosedur yang ada pada objek penelitian tersebut.

B. Wawancara (Interview)

Wawancara merupakan suatu cara untuk mendapatkan data dan informasi yang dilakukan dengan cara melakukan tanya jawab dengan orang-orang yang dinilai ahli dan memiliki kaitan erat dengan pekerjaan yang ada pada objek penelitian.

C. Studi Literatur (Literature Review )

Studi literatur merupakan pengumpulan data dan informasi dengan cara menggali pengetahuan  atau ilmu dari sumber-sumber seperti buku,karya tulis,diklat , dan sumber lain yang berhubungan dengan objek penelitian .

D. Analisa Sistem

Analisa sistem digunakan untuk menganalisa sistem yang sedang berjalan sehingga dapat dipahami keadaan sistem yang ada. Analisa sistem ini biasanya menggunakan diagram alir dokumen. Aliran dokumen dari suatu bagain ke bagian lain dapat terlihat dengan jelas, begitu adanya yang dilakukan secara manual. Hasil daripada analisa sistem ini kemudian digunakan untuk merancang sistem informasi yang diperlukan.

E. Desain Sistem

Didefinisikan sebagai konfigurasi dari komponen-komponen perangkat lunak dan perangkat keras dari suatu sistem, serta menggambarkan bagaiman suatu sistem dibentuk.

Proses perancanagn sistem yang meliputi :

a. Data Flow Diagram (DFD)

Data flow diagram adalah suatu gambaran grafis dari suatu sistem yang menggunakan sejumlah bentuk-bentuk simbul untuk menggambarkan bagaimana data mengalir melalui suatu proses yang saling berkaitan.

b. Pembuatan Entity Relationship Diagram (ERD)

Berisikan komponen-komponen  himpunan entitas yang saling berhubungan (Relasi) dengan menggunkan atribut-atributnya

1.      Desain Basis Data

2.      Spesisifikasi Proses

3.      Desiain  Interface Pengguna

a. Design Menu Input

b. Design Menu Output

F. Pembuatan Program dan Pengujian

Setelah tahap perancanagn sistem selesai dilakukan maka dilanjutkan dengan pembuatan program berdasarkan data-data yang diperoleh dalam perancanagn tersebut. Program yang telah selesai  dibuat akan diuji kembali agar program tersebut benar – benar terjamin kualitasnya

G. Penulisan Laporan

Pada tahap ini akan ditulis laporan yang mencakup seluruh penelitian yang telah dilakukan dari tahan awal sampai tahap akhir.

About these ads

4 responses to “Contoh BAB I dalam membuat Sistem Informasi Manajemen Reservasi Hotel Berbasis Web dengan PHP dan MySQL

  1. minta tolong dong tahap dan langkah2 untuk membuat aplikasi sitem informasi dengan contoh program beserta source codenya serta cara generate ke data basenya. trims ditunggu bantuannya!!!!!!!!!!////

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s