Beberapa Penjelasan Pernyataan “DIM” pada Visual Basic


Beberapa pernyataan / statement yang bisa digunakan bersamaan deklarasi “DIM” yaitu : friend, private, protected, protected friend, public, read only, shadows, shared, dan witheven. Disini saya akan sedikit memberikan informasi akan penjelasan tentang pernyataan Dim tersebut.
Public

Variabel dideklarasikan dengan kata kunci public memiliki akses publik. Tidak ada pembatasan tentang aksesibilitas variabel publik.

Anda dapat menggunakan Public hanya pada, namespace, atau file tingkat modul. Ini berarti Anda dapat mendeklarasikan variabel umum dalam suatu file sumber atau di dalam kelas, modul, atau struktur, tetapi tidak di dalam suatu prosedur. Jika Anda menetapkan Umum, anda dapat menghilangkan kata kunci Dim.

Protected

Variabel dideklarasikan dengan kata kunci Protected memiliki akses terproteksi. Mereka hanya bisa diakses dari dalam kelas mereka sendiri atau dari kelas turunan. Akses Protected bukanlah superset dari akses teman.

Anda dapat menggunakan Protected hanya pada tingkat kelas. Ini berarti Anda dapat mendeklarasikan variabel di dalam kelas protected tetapi tidak di dalam suatu prosedur, dan bukan di tingkat modul, namespace, atau file. Anda dapat menggunakan Protected hanya untuk menyatakan anggota kelas. Jika Anda menetapkan Protected, anda dapat menghilangkan kata kunci Dim.

Friend

Variabel dideklarasikan dengan kata kunci Friend memiliki akses teman. Mereka dapat diakses dari dalam konteks deklarasi mereka dan dari tempat lain dalam program yang sama.

Anda dapat menggunakan Friend hanya pada, namespace, atau file tingkat modul. Ini berarti Anda dapat mendeklarasikan variabel friend di file sumber atau di dalam kelas, modul, atau struktur, tetapi tidak di dalam suatu prosedur. Jika Anda menetapkan Friend, anda dapat menghilangkan kata kunci Dim.

 

Protected Friend

Variabel dideklarasikan dengan kata kunci Protected Friend memiliki persatuan dan akses teman yang dilindungi. Mereka dapat digunakan oleh kode di mana saja di program yang sama, menurut kode di kelas mereka sendiri, dan dengan kode dalam setiap kelas turunan.

Anda dapat menggunakan Protected Friend hanya pada tingkat kelas. Ini berarti Anda dapat mendeklarasikan variabel protected friend di dalam kelas tetapi tidak di dalam suatu prosedur, dan bukan di tingkat modul, namespace, atau file. Anda dapat menggunakan Protected Friend hanya untuk menyatakan anggota kelas. Jika Anda menetapkan Protected Friend, anda dapat menghilangkan kata kunci Dim.

Private

Variabel dideklarasikan dengan kata kunci Private memiliki akses pribadi. Mereka hanya bisa diakses dari dalam konteks deklarasi mereka, termasuk dari anggota dari setiap tipe bersarang seperti prosedur.

Anda dapat menggunakan Private hanya pada level modul. Ini berarti Anda dapat mendeklarasikan variabel private di dalam kelas, modul, atau struktur, tetapi tidak pada tingkat namespace atau file dan tidak di dalam suatu prosedur. Jika Anda menetapkan Private, anda dapat menghilangkan kata kunci Dim.

Shared

Menunjukkan bahwa variabel ini bersama. Ini berarti tidak terkait dengan contoh spesifik dari sebuah kelas atau struktur. Anda dapat mengakses variabel bersama dengan kualifikasi baik dengan nama kelas atau struktur, atau dengan nama variabel contoh spesifik dari kelas atau struktur.

Anda dapat menggunakan Shared hanya pada, namespace, atau file tingkat modul. Ini berarti Anda dapat mendeklarasikan variabel bersama dalam sebuah file sumber atau di dalam kelas, modul, atau struktur, tetapi tidak di dalam suatu prosedur. Jika Anda menetapkan Shared, anda dapat menghilangkan kata kunci Dim.

Anda tidak bisa menentukan baik static dan Shared dalam deklarasi variabel yang sama.

 

Shadows

Menunjukkan bahwa variabel ini bayangan elemen pemrograman identik bernama, atau mengatur elemen kelebihan beban, di kelas dasar. Anda dapat bayangan apapun elemen dideklarasikan dengan jenis lain. Sebuah elemen gelap tidak tersedia dari dalam kelas turunan yang bayangan itu, kecuali elemen bayangan tidak dapat diakses, misalnya jika Private. Anda dapat menggunakan Shadows hanya pada, namespace, atau file tingkat modul. Ini berarti Anda dapat mendeklarasikan variabel membayangi dalam file sumber atau di dalam kelas, modul, atau struktur, tetapi tidak di dalam suatu prosedur. Jika Anda menetapkan Shadows, anda dapat menghilangkan kata kunci Dim.

Anda tidak bisa menentukan baik Static dan Shadows dalam deklarasi variabel yang sama.

 

ReadOnly

Variabel dideklarasikan dengan kata kunci readonly hanya dapat dibaca dan tidak tertulis. Hal ini dapat berguna untuk membuat anggota konstan dari referensi, seperti variabel objek dengan anggota data preset.

Anda hanya dapat menggunakan readonly pada modul, namespace, atau tingkat file. Ini berarti Anda dapat mendeklarasikan variabel readonly dalam sebuah file sumber atau di dalam kelas, modul, atau struktur, tetapi tidak di dalam suatu prosedur. Jika Anda menetapkan readonly, anda dapat menghilangkan kata kunci Dim.

 

WithEvents

Kata kunci yang menentukan nama yang merupakan variabel objek yang mengacu pada sebuah instance dari kelas yang dapat meningkatkan kejadian. Anda dapat mendeklarasikan sebagai variabel individu sebanyak yang Anda suka menggunakan WithEvents, tetapi Anda tidak dapat mendeklarasikan array dengan cara ini.

Jika Anda menggunakan kata kunci WithEvents, Anda tidak dapat mendeklarasikan nama sebagai Object. Anda harus menyatakan sebagai kelas tertentu yang dapat meningkatkan kejadian.

source :: msdn.microsoft.com

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s